PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR PADASISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG


KUSUMASTUTI RATNANING TRIWORO, 1401409273 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR PADASISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR PADASISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR PADASISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 03 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Gunungpati 03 Semarang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 44%. Masalah dalam pembelajaranIPS antara lain: guru jarang menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi pelajaran dan kurang memanfaatkan media pembelajaran, sehingga siswa cenderung pasif dan banyak siswa yang menggantungkan kinerja teman lain dalam diskusi kelompok. Solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS adalah dengan menerapkan model Think Pair Share dengan media gambar. Model Think Pair Share merupakan suatu cara efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas yang memungkinkan siswa untuk bekerja sandiri dan bekerja dengan orang lain. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model Think Pair Share dengan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS apada siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Think Pair Share dengan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang sebanyak 27 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis datat yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 18 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 27 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 30 dengan kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 16,7 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh rata-rata skor 22,5 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh rata-rata skor 26,6 dengan kategori sangat baik. (3) persentase ketuntasan klasikal siklus I 67%, siklus II meningkat menjadi 74%, dan siklus III meningkat menjadi 89%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui model Think Pair Share dengan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya menggunakan model Think Pair Share yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Model Think Pair Share, Media Gambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 16:16
Last Modified: 22 May 2014 16:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17530

Actions (login required)

View Item View Item