PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN (Padasiswakelas X AP di SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal)


Wiwit Putri Maulida , 7101409198 (2013) PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN (Padasiswakelas X AP di SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN (Padasiswakelas X AP di SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal)]
Preview
PDF (PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN (Padasiswakelas X AP di SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan berkenaan dengan semua upaya untuk mengembangkan mutu sumber daya manusia, sedangkan manusia yang bermutu itu pada hakekatnya telah dijabarkan dan dirumuskan secara jelas dalam rumusan tujuan pendidikan dan tujuan pendidikan itu sendiri searah dengan tujuan pengembangan secara keseluruhan. Kesadaran akan pentingnya pendidikan itu sendiri searah dengan tujuan pengembangan secara keseluruhan. Hasil observasi awal di SMK Nurul Ulum Lebaksiu diperoleh data bahwa siswa kelas X AP SMK Nurul Ulum Lebaksiu masih memiliki masalah dalam hasil belajar untuk mata pelajaran kerjasama dengan kolega dan pelanggan. Ketuntasan belajar siswa kelas X SMK Nurul Ulum Lebaksiu Kabupaten Tegal sebanyak 18%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode Teams Games Tournament merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan seluruh siswa dari awal sama pi akhir kegiatan pembelajaran. Metode ini diberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bekerjasama membagi ide-ide dengan cara berdiskusi mengenai materi pelajaran sampai semua anggota tim memahami materi pelajaran tersebut sebagai persiapan game/tournament. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Nurul Ulum Lebaksiu KabupatenTegal, subjek penelitian adalah kelas X yang berjumlah 38 siswa. Prosedur penelitian tindakan terdiri dari dua siklus. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes evaluasi, lembar observasi siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada siklus I diperoleh sebanyak 21,05%, dengan nilai rata-rata sebesar 6,13. Nilai tertinggi adalah 80 dan nilai terendah 55. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 92,11%, dengan rata-rata hasil belajar sebesar 82. Nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah 65. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranTeams Games Tournament dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X AP. Saran dalam penelitian ini: guru perlu memberikan motivasi kepada siswa karena motivasi dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam kegiatan belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses dan Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:15
Last Modified: 22 May 2014 16:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17529

Actions (login required)

View Item View Item