PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG


ASRI YUNIATI, 1401409272 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS V SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Sampangan 01 Kota Semarang ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran di kelas V yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Diantaranya yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru, masih digunakannya metode yang kurang bervariasi, belum tersedianya fasilitas berupa media. dan pencapaian hasil belajar yang rendah. Untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita di kelas V tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran Numbered Heads Together dengan menggunakan media Audio. Dengan Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui metode Nunbered Heads Together dengan media Audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sampangan 01 Semarang?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sampangan 01 Semarang. Penelitian dilaksanakan dalam 4 siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas V SDN Sampangan 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor dengan kategori baik, siklus III memperoleh skor dengan kategori sangat baik, dan siklus IV diperoleh skor dengan kategori sangat baik (2) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor dengan kategori baik, siklus II memperolaeh skor dengan kategori baik, siklus III memperoleh skor dengan kategori baik, dan siklus IV memperoleh skor dengan kategori sangat baik. (3) Keterampilan menyimak siklus I rata-rata diperoleh skor dengan kategori cukup, siklus II diperoleh skor dengan kategori baik, dan siklus III diperoleh skor dengan kategori baik, dan siklus IV diperoleh skor dengan kategori sangat baik. (4) Hasil belajar siswa pada siklus I,II, III dan IV selalu mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode Numbered Heads Togehter dengan media Audio dapat meningkatkan keterampilan Menyimak Cerita meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah bahwa metode Numbered Heads Together dengan Media Audio dapat meningkatkan keterampilan Menyimak Cerita

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menyimak Cerita, Numbered Heads Together, Audio
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 16:16
Last Modified: 22 May 2014 16:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item View Item