PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TERPADU KELAS VII DI SMP N 6 SEMARANG

Ajir Rahman, 7101409197 (2013) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TERPADU KELAS VII DI SMP N 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TERPADU KELAS VII DI SMP N 6 SEMARANG)
Download (1252Kb)

    Abstract

    Hasil belajar merupakan pokok ukur maksimal yang dicapai siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama waktu yang telah ditentukan. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah pendidikan karakter dan fasilitas belajar. Permasalahan yang dikaji penelitian ini adalah Adakah pengaruh pendidikan karakter dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan karakter dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 192 siswa, sehingga diperoleh sampel sebanyak 130 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendidikan karakter (X1) dan fasilitas belajar (X2) serta variabel terikat yaitu hasil belajar siswa (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan pendidikan karakter dalam kategori baik dengan persentase 72%, fasilitas belajar dalam kategori cukup baik dengan persentase 67%, dan nilai rerata hasil belajar siswa 67,02%. Uji t diperoleh thitung 5,214 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berarti adanya pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa sebesar 17,6%. Variabel fasilitas belajar dengan uji t diperoleh thitung 4,341 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berarti adanya pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa 12,9%. Hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 54,406 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berarti adanya pengaruh pendidikan karakter dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 45,3% dan sisanya 54,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Hasil penelitian, disimpulkan bahwa secara parsial maupun simultan pendidikan karakter dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Dilihat dari pendidikan karakter, diharapkan siswa dapat menerapkan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari, disekolah atau diluar sekolah. Dilihat dari fasilitas belajar, hendaknya pihak sekolah menyediakan buku-buku penunjang pelajaran IPS Terpadu lebih diperbanyak jumlah dan jenisnya. Sekolah hendaknya menambah fasilitas pembelajaran siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:09
    Last Modified: 22 May 2014 12:09

    Actions (login required)

    View Item