ANALISIS KELAYAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATA PELAJARAN IPS TERPADU (EKONOMI) KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI KABUPATEN GROBOGAN


Jilma Dewi Ayu Ningtyas, 7101409194 (2013) ANALISIS KELAYAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATA PELAJARAN IPS TERPADU (EKONOMI) KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KELAYAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATA PELAJARAN IPS TERPADU (EKONOMI) KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (ANALISIS KELAYAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATA PELAJARAN IPS TERPADU (EKONOMI) KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI KABUPATEN GROBOGAN)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena bahwa Lembar Kerja Siswa yang digunakan di Kabupaten Grobogan beraneka macam maka perlu dianalisis mengenai kelayakan lembar kerja siswa. Kelayakan lembar kerja siswa dibatasi hanya meliputi kelayakan materi, soal dan bahasa Karena kelayakan materi, soal dan bahasa dirasa lebih penting untuk diteliti berdasarkan permasalahan yang ada di lapangan Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan materi, kelayakan soal, dan kelayakan bahasa pada LKS IPS Terpadu (Ekonomi) kelas VIII Semester Ganjil di Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel yang diteliti ada empat LKS yang dikategorikan menurut penerbitnya yaitu LKS Ekonomi (BSE) terbitan Tekad Manunggal Karanganyar, LKS IPS Terpadu terbitan Viva Pakarindo Klaten, LKS IPS Terpadu (BSE) terbitan CV. Chandhik Ayu Boyolali, dan LKS Ilmu Pengetahuan Sosial terbitan CV. Teguh Karya Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara untuk memperoleh data berkaitan dengan LKS yang digunakan, alasan dan penilaian guru terhadap LKS, dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dokumen berupa LKS yang digunakan pada kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri Kabupaten Grobogan, dan angket digunakan untuk mengambil data tingkat keterbacaan LKS yang meliputi materi dan soal oleh siswa. Hasil penelitian (1) kelayakan materi dilihat dari kesesuaian materi LKS dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menunjukkan hasil 100%, kesesuaian materi dengan indikator secara keseluruhan 78,75% sesuai dan 21,35% tidak sesuai, analisis keterbacaan materi oleh siswa menunjukkan hasil bahwa keempat LKS berkategori baik dengan nilai rata-rata 3,20 (80%) (2) kelayakan soal untuk keempat LKS menunjukkan nilai rata-rata 89,61% sesuai untuk soal pilihan ganda dan 83,50% sesuai untuk soal uraian. Tingkat keterbacaan soal oleh siswa menunjukkan nilai3,46 (86,50%) berkategori sangat baik (3) kelayakan bahasa LKS menggunakan Grafik Fry Pada LKS A ditemukan 2 wacana sulit dan 1 wacana sesuai dari 3 wacana yang diambil. Pada LKS B ditemukan 2 wacana sulit dan 1 wacana Invalid dari 3 wacana yang diambil. Pada LKS C ditemukan 3 wacana sulit dari 3 wacana yang diambil, dan pada LKS D ditemukan 1 wacana sulit, 1 wacana invalid dan 1 wacana sesuai dari 3 wacana yang diambil. Saran yang dapat diberikan yaitusebaiknya guru mampu melengkapi materi yang ada di dalam LKS dengan buku lain sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Kelayakan Materi, Kelayakan Soal, Kelayakan Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:10
Last Modified: 22 May 2014 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17524

Actions (login required)

View Item View Item