PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL STAD DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL MADINA
ELISA WIJAYANTI, 1401409040 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL STAD DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL MADINA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL STAD DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL MADINA)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Refleksi awal menunjukkan pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru dan kurang mengaktifkan siswa. Guru cenderung menggunakan metode ekspositori, jarang mengimplementasikan model pembelajaran inovatif, penggunaan media belum optimal, sehingga menyebabkan rendahnya minat siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Beberapa siswa tampak mengobrol dengan teman sebangku maupun di belakangnya pada saat guru sedang menyampaikan materi pelajaran. Solusi pemecahan masalah ini adalah melaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan model STAD dengan media crossword puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model pembelajaran STAD dengan media crossword puzzle pada siswa kelas IV SD Islam Al Madina?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model STAD dengan media crossword puzzle. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Islam Al Madina. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah keterampilan guru siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 23 kriteria baik, pertemuan 2 skor 29 kriteria baik, siklus II pertemuan 1 memperoleh skor 31 kriteria sangat baik dan pertemuan 2 skor 33 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata 18,68 kriteria cukup, pertemuan 2 skor rata-rata 21,47 kriteria baik, siklus II pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata 25,43 kriteria baik, pertemuan 2 skor rata-rata 28,96 kriteria baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I pertemuan 1 sebesar 43,47% menjadi 73,91% pada pertemuan 2. Siklus II pertemuan 1 78,26% menjadi 95,65% pada pertemuan 2. Kesimpulan dari penelitian melalui model STAD dengan media crossword puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah model STAD dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran IPA, STAD, Crossword Puzzle. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 16:10 |
Last Modified: | 22 May 2014 16:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17523 |
Actions (login required)
View Item |