UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Studi Kasus Siswa Kelas VII E SMP Negeri 9 Semarang)


Dedy Wiratama , 7101409193 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Studi Kasus Siswa Kelas VII E SMP Negeri 9 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Studi Kasus Siswa Kelas VII E SMP Negeri 9 Semarang)]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Studi Kasus Siswa Kelas VII E SMP Negeri 9 Semarang))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Dalam pembelajaran IPS Terpadu merupakan salah satu mata pelajaran hafalan sehingga kurang menarik. Selain itu, IPS Terpadu merupakan mata pelajaran yang memadukan Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 9 diperoleh data yang memiliki indikasi rendahnya hasil belajar, dimana presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 7,4%. Sebanyak 2 siswa dari 27 siswa tidak tuntas dengan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini menjadi pertimbangan akan pentingnya pemilihan metode pembelajaran yang tepat agar siswa lebih mudah dalam memahami materi. Metode pembelajaran team games tournament menjadi salah satu metode pembelajaran yang diharapkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data terdiri dalam penelitian ini adalah soal evaluasi di setiap akhir siklus dan lembar observasi aktivitas siswa pada pembelajaran TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran TGT. dilihat dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 79,18 % dengan ketuntasan klasikalnya sebesar 77,78%. Dari rata-rata hasil belajar pada siklus II yakni sebesar 83,04% dengan ketuntasan klasikalnya sebesar 88,89%. Adapun hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran TGT pada siklus I sebesar 55,4% dan pada siklus II sebesar 77,6%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran TGT mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendiskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi kelas VII E SMP Negeri 9 Semarang. Saran yang berkaitan dengan kegiatan ini, guru menganjurkan kepada siswa untuk membawa buku paket atau buku referensi, memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang disampaikan kepada siswa yang berbicara sendiri dan guru mengkondisikan siswa untuk selalu belajar setiap akan mengikuti kegiatan belajar-mengajar atau tes evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan IPS Terpadu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:16
Last Modified: 22 May 2014 16:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

View Item View Item