PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUKAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 SEMARANG


BANGUN ANGGIT BINARUM, 1401409264 (2013) PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUKAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUKAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUKAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 2 Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan data hasil obbservasi pada tanggal 12 september 2012 diperoleh pencapaian hasil belajar keterampilan menulis sebanyak 19 dari 34 siswa nilainya di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≤ 65. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan metode mind mapping berbantukan media poster dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis puisi kelas V SDN Mangkang Kulon 2 Semarang menggunakan metode mind mapping berbantukan media poster. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 2 melalui penerapan metode mind mapping berbantukan media poster. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang terdiri atas tiga siklus, dan masing-masing siklus terdiri atas satu pertemuan. Penelitian dilakukan di SDN Mangkang Kulon 2 Semarang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya. Hal tersebut dibuktikan dengan telah terpenuhinya indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75% dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Simpulan penelitian adalah penerapan penerapan metode mind mapping berbantukan media poster dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 2 Semarang. Peningkatan tersebut dapat diketahui dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya guru menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga siswa merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dan sebaiknya metode mind mapping dapat diterapkan dalam pembelajaran, khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam aspek menulis sehingga dapat merangsang dan melatih kreativitas siswa untuk mampu menuangkan gagasannya ketika menulis khususnya menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode mind mapping, keterampilan menulis puisi, media poster
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 16:16
Last Modified: 22 May 2014 16:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17521

Actions (login required)

View Item View Item