IMPLEMENTASI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA KLIPING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01


DIANI HERNINGTYAS, 1401409255 (2013) IMPLEMENTASI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA KLIPING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA KLIPING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA KLIPING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 01)
Download (5MB) | Preview

Abstract

PKn bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, kreatif menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi aktif, bertanggung jawab, bertindak cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti korupsi. Berdasarkan hasil pengamatan di kelas V SDN Tugurejo 01 ditemukan permasalahan kualitas pembelajaran meliputi keterampilan guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Guru kurang bervariasi, belum menggunakan media yang menarik, dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran berdampak pada hasil belajar, di mana 20 dari 34 siswa atau 59% mendapat nilai di bawah KKM. Kualitas proses dan hasil belajar PKn yang rendah perlu segera diatasi dengan metode Everyone Is Teacher Here berbantuan media kliping. Metode ini memberi kesempatan siswa untuk berperan sebagai guru bagi kawannya. Media kliping membantu siswa memperoleh pengetahuan dari berbagai sumber sehingga dapat secara aktif mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini apakah menggunakan metode Everyone Is Teacher Here berbantuan media kliping dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Tugurejo 01? Penelitian bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran PKn menggunakan metode Everyone Is Teacher Here berbantuan media kliping di kelas V SDN Tugurejo 01. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus dua pertemuan dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Tugurejo 01 dengan jumlah siswa 34. Variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran PKn meningkat. Keterampilan guru siklus I (pertemuan 1 dan 2) memperoleh rata-rata skor 42,5 kategori baik, meningkat siklus II (pertemuan 1 dan 2) perolehan 50 kategori sangat baik. Rata-rata aktivitas siswa siklus I 42,36 kategori baik, meningkat siklus II 49,96 kategori sangat baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I 59% (20 dari 34 siswa tuntas belajar) dan siklus II ketuntasan meningkat menjadi 82,3% (28 dari 34 siswa tuntas belajar) dan nilai rata-rata kelas 77,42. Dari hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa metode Everyone Is Teacher Here berbantuan media kliping dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Tugurejo 01 dan disarankan metode Everyone Is Teacher Here berbantuan media kliping diterapkan pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Everyone Is Teacher Here, Kliping, Kualitas Pembelajaran, PKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 16:11
Last Modified: 22 May 2014 16:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17520

Actions (login required)

View Item View Item