PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION BERBANTUAN BLOG PADA SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 01 SEMARANG

ANDANG SETIAWAN, 1401409252 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION BERBANTUAN BLOG PADA SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION BERBANTUAN BLOG PADA SISWA KELAS IV SDN TUGUREJO 01 SEMARANG)
Download (4Mb)

    Abstract

    Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi di kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Siswa kurang tertarik dengan pelajaran PKn. Banyak siswa yang merasa bosan dengan pelajaran PKn karena dalam pelaksanaan pembelajaran guru kurang maksimal menggunaan model pembelajaran inovatif dan media kurang maksimal, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan data hasil belajar siswa kelas memiliki nilai rata-rata ulangan harian di bawah KKM (70) pada mata pelajaran PKn, yaitu sebesar 59,4% (22 dari 37) dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 81. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah model pembelajaran PBI berbantuan Blog dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn?; 2) Apakah model pembelajaran PBI berbantuan Blog dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn?; 3) Apakah model pembelajaran PBI berbantuan Blog dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model Problem Based Intruction berbantuan blog. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan 37 siswa kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, metode tes, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan skor 31 dengan kategori baik; siklus 2 mendapat skor 34 dengan kategori baik; dan siklus 3 memperoleh skor 37 dengan kategori baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas siswa mendapat persentase keberhasilan sebesar 66% dengan kategori baik; pada siklus 2 mendapatkan persentase keberhasilan sebesar 72% dengan kategori baik; pada siklus 3 persentase keberhasilan sebesar 79% dengan kategori baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 62,2% siswa mengalami ketuntasan belajar; pada siklus 2 mengalami peningkatan, yaitu 75,7% siswa mengalami ketuntasan belajar; dan pada siklus 3 mengalami peningkatan menjadi 83,7% siswa mengalami ketuntasan belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah model Problem Based Intruction berbantuan blog dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Tugurejo 01 Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: model Problem Based Intruction berbantuan blog, keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:11
    Last Modified: 22 May 2014 12:11

    Actions (login required)

    View Item