PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TIME TOKEN ARENDS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG

ARUM WIBOWO, 1401409247 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TIME TOKEN ARENDS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TIME TOKEN ARENDS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG)
Download (1949Kb)

    Abstract

    Dalam kaitannya dengan pembentukan warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab, pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki peranan yang strategis dan penting, yaitu dalam membentuk siswa maupun sikap dalam berperilaku keseharian, sehingga diharapkan setiap individu mampu menjadi pribadi yang baik. Namun pada prakteknya, pembelajaran PKn masih menghadapi banyak kendala-kendala. Berdasarkan refleksi awal antara peneliti dengan kolabolator di SDN Kandri 01 Kota Semarang ditemukan masalah pada pembelajaran PKn di kelas V yaitu Kualitas pembelajaran yang masih rendah. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran yang kurang optimal dimana siswa belum termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan kurangnya interaksi antara guru dan siswa serta interaksi dengan media. Dalam penggunaan media masih belum optimal sehingga menyebabkan hasil belajar masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Time Token Arends dengan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Kandri 01 Semarang melalui model Time Token Arends dengan media Audio Visual Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Time Token Arends dengan media Audio Visual yang dilakukan dalam tiga siklus, setiap silusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan jumlah 31 siswa yang terdiri atas 14 siswa putra dan 17 siswa putri kelas V SDN Kandri 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru siklus I mendapat skor 22 dengan kategori baik, siklus II mendapat skor 26 kategori baik, siklus III mendapat skor 29 kategori sangat baik, aktivitas siswa siklus 1 mendapat skor 18,65 kategori cukup, siklus II menjadi 23,4 kategori baik, dan siklus III mendapat skor 26,6 dengan kategori baik. Hasil belajar klasikal siswa siklus I 52,%, meningkat pada siklus II menjadi 71% dan pada silus III 87% dan sudah melebihi batas minimal ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model Time Token Arends dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V. Saran yang diberikan adalah model Time Token Arends dengan media Audio Visual bagi guru yaitu dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, dan bagi siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, serta bagi lembaga pendidikan atau sekolah dapat dikembangkan lebih lanjut. Sehingga model Time Token Arends dan media audio visual menjadi lebih baik, dan tujuan pembelajaran semakin efektif dan efisien

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran PKn, time token arends, audio visual
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:16
    Last Modified: 22 May 2014 12:16

    Actions (login required)

    View Item