MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGELOLA KONFLIK DENGAN CO-OP CO-OP SISWA KELAS X BB 2 SMK NU 01 KENDAL


Ilman Nafia , 7101409168 (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGELOLA KONFLIK DENGAN CO-OP CO-OP SISWA KELAS X BB 2 SMK NU 01 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGELOLA KONFLIK DENGAN CO-OP CO-OP SISWA KELAS X BB 2 SMK NU 01 KENDAL]
Preview
PDF (MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGELOLA KONFLIK DENGAN CO-OP CO-OP SISWA KELAS X BB 2 SMK NU 01 KENDAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses yang menjadi kendala di SMK NU 01 Kendal adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, siswa merasa takut dan belum percaya diri untuk bertanya jika tidak ada dorongan dari guru. Guru masih kurang dalam pengembangan variasi mengajar. Berdasarkan observasi awal di SMK NU 01 Kendal kelas X BB, diperoleh data bahwa untuk mata pelajaran kewirausahaan materi mengelola konflik masih banyak yang belum tuntas KKM. KKM yang ditetapkan sekolah adalah 70. Kelas X BB 1 47,5% yang belum tuntas sedangkan kelas X BB 2 48,71% yang belum tuntas. Hal ini diduga karena pembelajaran kurang bervariasi, untuk itu perlu adanya penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan bervariasi, salah satunya yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BB 2 SMK NU 01 Kendal. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus penelitian. Setiap siklus dilakukan dalam 1 pertemuan. Tahapan siklus penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal evaluasi. Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh analisis tingkat hasil belajar setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op. Pada siklus I evaluasi hasil belajar siswa sebesar 74,11, dengan tingkat keaktifan siswa 65% masuk dalam kategori baik. Kemudian pada siklus II evaluasi hasil belajar siswa mencapai 83,04, dengan tingkat keaktifaan siswa 87,48% masuk dalam kategori sangat baik dan telah mencapai kriteria keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op pada mata pelajaran kewirausahaan materi mengelola konflik kels X BB 2 di SMK NU 01 Kendal. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: bagi guru SMK NU 01 Kendal, pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dapat dijadikan variasi metode pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga pemahaman materi siswa semakin baik begitu juga dengan hasil evaluasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Materi Mengelola Konflik, Hasil Belajar Siswa, dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:20
Last Modified: 22 May 2014 16:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17513

Actions (login required)

View Item View Item