PENGARUH KESIAPAN BELAJAR SISWA, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NU 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013

Ade Sumarwati , 7101409152 (2013) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR SISWA, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NU 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KESIAPAN BELAJAR SISWA, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NU 01 KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (5Mb)

    Abstract

    Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, maka permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adanya teory gap yaitu ada ketidaksesuaian antara teori yang dikemukakan oleh ahli dengan fakta yang terjadi di SMK NU 01 Kendal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bukti empiris pengaruh antara kesiapan belajar, lingkungan keluarga dan pemanfaatan perpustakaaan terhadap hasil belajar mata pelajaran jurnal khusus pada siswa kelas X Akuntansi SMK NU 01 Kendal tahun ajaran 2012/2013 baik simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga responden dalam peneltian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 68 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16. Uji secara simultan didapatkan besarnya signifikansi sebesar 0,000 kemudian dibandingkan dengan α=5%, ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kesiapan belajar, lingkungan keluarga dan pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar jurnal khusus kelas X Akuntansi SMK NU 01 Kendal tahun ajaran 2012/2013 secara simultan, pengaruhnya sebesar 40,2%. Secara parsial pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar sebesar 19,10%. Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar sebesar 14,90%. Dan pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar sebesar 13,03%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kesiapan belajar, lingkungan keluarga dan pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar jurnal khusus kelas X akuntansi SMK NU 01 Kendal tahun ajaran 2012/2013 baik secara simultan maupun parsial. Saran bagi siswa, siswa diharapkan lebih meningkatkan kesiapan belajarnya misalnya dengan mengulangi materi pertemuan sebelumnya di rumah. Bagi guru, hendaknya memberikan stimulus yang mampu meningkatkan kesiapan belajar siswa. Bagi sekolah, diharapkan lebih memperhatikan kondisi perpustakaan sekolah. Bagi orang tua, sebaiknya lebih memperhatikan pendidikan anaknya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kesiapan Belajar Siswa, Lingkungan Keluarga, Pemanfaatan Perpustakaan.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:20
    Last Modified: 22 May 2014 12:20

    Actions (login required)

    View Item