PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA INGGIL MELALUI ROLE PLAYING DENGAN MEDIA PAPAN TEMPEL PADA SISWA KELAS IV SDN 03 TUGUREJO SEMARANG

Aditya Hendi Hendarto, 1401409219 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA INGGIL MELALUI ROLE PLAYING DENGAN MEDIA PAPAN TEMPEL PADA SISWA KELAS IV SDN 03 TUGUREJO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA INGGIL MELALUI ROLE PLAYING DENGAN MEDIA PAPAN TEMPEL PADA SISWA KELAS IV SDN 03 TUGUREJO SEMARANG)
Download (1371Kb)

    Abstract

    Mata pelajaran Bahasa Jawa bertujuan untuk menanamkan nilai- nilai budi pekerti para peserta didik dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar. Data awal yang diperoleh peneliti menunjukkan adanya permasalahan saat pembelajaran bahasa Jawa. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa, sehingga mengakibatkan aktivitas siswa rendah, dan sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Jawa Krama Inggil karena kurangnya pembiasaan berbicara bahasa Jawa Krama Inggil. Hasil belajar yang rendah tampak dari siswa yang tuntas KKM sebanyak 36% dan siswa tidak tuntas sebanyak 64%. Untuk meningkatkan keterampilan siswa berbicara bahasa Jawa Krama Inggil, peneliti menerapkan model Role Playing dengan media papan tempel. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Role Playing dengan media papan tempel dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa Jawa Krama Inggil di kelas IV SDN 03 Tugurejo Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa berbicara bahasa Jawa Krama Inggil di kelas IV SDN 03 Tugurejo Semarang. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dengan satu pertemuan untuk setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SDN 03 Tugurejo Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I memperoleh ratarata skor 14,5 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh rata- rata skor 17,25 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh rata- rata skor 19,64 dengan kategori baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 24 kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor 31 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 35 kategori sangat baik. Keterampilan siswa berbicara pada siklus I memperoleh rata- rata skor 13,5 dengan kualifikasi cukup, pada siklus II memperoleh rata- rata skor 15,92 dengan kualifikasi baik dan pada siklus III memperoleh rata- rata skor 17,41 dengan kualifikasi baik. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Role Playing dengan media papan tempel dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan keterampilan berbicara siswa. Saran bagi guru hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media antara lain dengan menerapkan model Role Playing dengan media papan tempel pada mata pelajaran yang lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Bahasa Jawa, Keterampilan Berbicara, Role Playing
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:20
    Last Modified: 22 May 2014 12:20

    Actions (login required)

    View Item