PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR MELALUI TANGRAM DENGAN PENERAPAN MODEL PAIKEM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENER 01 KABUPATEN TEGAL


Tiara Suci Apriliani, 1401409035 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR MELALUI TANGRAM DENGAN PENERAPAN MODEL PAIKEM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENER 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR MELALUI TANGRAM DENGAN PENERAPAN MODEL PAIKEM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENER 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR MELALUI TANGRAM DENGAN PENERAPAN MODEL PAIKEM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENER 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa kelas V SD Negeri Pener 01 Kabupaten Tegal mengalami kesulitan dalam mengenal bentuk dan memahami sifat-sifat bangun datar. Hal tersebut disebabkan guru jarang menggunakan media pembelajaran yang dapat mengkonkretkan materi dan melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan guru lebih didominasi dengan metode ceramah sehingga siswa cepat bosan dan kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran. Keadaan tersebut mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri Pener 01 Kabupaten Tegal rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan media dan model pembelajaran yang menarik dan inovatif. Selain itu juga dapat membuat siswa aktif, kreatif, serta tidak bosan mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi efektif. Melalui penggunaan media tangram dengan menerapkan model PAIKEM, diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru kelas V SD Negeri Pener 01 Kabupaten Tegal dapat ditingkatkan. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tahapan penelitian tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Pener 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes dan non tes, sedangkan instrumen yang digunakan yaitu lembar pengamatan aktivitas belajar siswa, soal tes formatif, dan lembar pengamatan performansi guru. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata aktivitas belajar ≥75%, rata-rata hasil belajar siswa ≥65, persentase tuntas belajar klasikal ≥75% dan nilai performansi guru ≥71. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75,15% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,61%. Rata-rata nilai hasil tes formatif siklus I sebesar 68 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,67%. Ratarata nilai hasil tes formatif siklus II meningkat menjadi 73,47 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 84,21%. Performansi guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, rata-rata nilai akhir performansi guru sebesar 83,54 (AB) dan pada siklus II meningkat menjadi 91,25 (A). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan tangram dengan penerapan model PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru dalam pembelajaran bangun datar di kelas V SD Negeri Pener 01 Kabupaten Tegal. Oleh karena itu peneliti menyarankan, guru sebaikya menggunakan media tangram dan menerapkan model PAIKEM dalam pembelajaran bangun datar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Tangram, Model PAIKEM, aktivitas belajar, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:20
Last Modified: 22 May 2014 16:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item View Item