PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA KELAS VB SD N SEKARAN 01 KOTA SEMARANG


MELISA DIANAWATI, 1401409211 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA KELAS VB SD N SEKARAN 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA KELAS VB SD N SEKARAN 01 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SISWA KELAS VB SD N SEKARAN 01 KOTA SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang menelaah masalah-masalah dalam masyarakat yang muncul seiring perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi. IPS mempunyai fungsi untuk mengembangkan pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan sosial peserta didik agar dapat direfleksikan dalam kehidupan masyarakat bangsa dan negara. Namun dalam praktiknya, terjadi ketidaksesuaian di sekolah. Dari hasil refleksi dan observasi awal yang dilaksanakan di kelas VB SDN Sekaran 01, didapatkan permasalahan rendahnya kualitas pembelajaran IPS dengan fakta ketuntasan hasil belajar siswa hanya mampu mencapai 48%. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia interaktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Sekaran 01 Semarang? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Sekaran 01 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas VB SDN Sekaran 01 yaitu sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS. Keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 17 persentase sebesar 53% dengan kategori cukup, siklus II mendapatkan skor 25 persentase sebesar 75% dengan kategori baik, siklus III mendapatkan skor 28 persentase sebesar 81,25% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 16,8 persentase sebesar 60% dengan kategori cukup, siklus II mendapatkan skor sebesar 19,44 persentase sebesar 69% dengan kategori baik, siklus III mendapatkan skor 23,48 persentase sebesar 83,85% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar IPS pada siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 70,16 dengan persentase ketuntasan sebesar 64% , siklus II hasil belajar mendapatkan rata-rata sebesar 71,16 dengan persentase ketuntasan sebesar 76%, dan siklus III hasil belajar mendapatkan rata-rata 85,52 dengan persentase ketuntasan sebesar 96%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran yang dapat disampaikan adalah guru perlu menerapkan model pembelajaran inovatif dan media yang bervariasi, siswa diharapkan lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, serta sekolah sebaiknya menyediakan fasilitas yang menunjang terlaksananya kegiatan belajar mengajar serta selalu mendukung temuan guru dalam menemukan inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, model Quantum Teaching, multimedia interaktif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 16:20
Last Modified: 22 May 2014 16:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17505

Actions (login required)

View Item View Item