KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENARUKAN 01 DAN 02 KABUPATEN TEGAL

Arni Nur Alfiati, 1401409034 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENARUKAN 01 DAN 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENARUKAN 01 DAN 02 KABUPATEN TEGAL)
Download (3447Kb)

    Abstract

    Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sukar dipelajari dan tidak menarik bagi siswa SD. Penggunaan model pembelajaran yang kooperatif dapat membantu kemampuan berpikir siswa dalam memahami materi pelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif yang menyenangkan salah satunya yaitu tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran NHT terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V materi sifat-sifat bangun datar antara yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran NHT dan yang dibelajarkan dengan menerapkan model konvensional. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Penarukan 01 dan 02 Kabupaten Tegal sejumlah 103 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel pada kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, kesamaan rata-rata, dan analisis akhir. Analisis akhir (pengujian hipotesis) penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai motivasi belajar siswa yaitu 86,25 untuk kelompok eksperimen dan 82,35 untuk kelompok kontrol. Sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa yaitu 74,76 untuk kelompok eksperimen dan 66,43 untuk kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis motivasi belajar siswa dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,635 dan ttabel sebesar 1,686 (thitung > ttabel), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik daripada motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sementara itu, hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,072 dan ttabel sebesar 1,686 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Motivasi dan hasil belajar siswa dengan model NHT terbukti lebih baik daripada penerapan pembelajaran konvensional, sehingga guru perlu mempertimbangkan penerapan model NHT pada pelajaran matematika di SD.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran NHT, Hasil Belajar, Motivasi.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: sriningwismi perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:59
    Last Modified: 22 May 2014 12:59

    Actions (login required)

    View Item