PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENANGANI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DENGAN MENERAPKAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MASEHI PSAK AMBARAWA 2012/2013


Muhimul Anam , 7101409125 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENANGANI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DENGAN MENERAPKAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MASEHI PSAK AMBARAWA 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENANGANI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DENGAN MENERAPKAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MASEHI PSAK AMBARAWA 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENANGANI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DENGAN MENERAPKAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MASEHI PSAK AMBARAWA 2012/2013)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam dunia pendidikan. Salah satu faktor penting dalam pendidikan adalah hasil belajar karena, hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan dari sebuah lembaga pendidikan. Hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Masehi PSAK Ambarawa pada materi kompetensi dasar manangani surat masuk dan surat keluar belum memuaskan karena masih banyak siswa yang belum memenuhi Kriteria Kekuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 73. Aktivitas siswa dalam belajar di kelas juga masih kurang. Siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran pada kompetensi dasar menangani surat masuk dan surat keluar dan meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar di kelas dengan metode simulasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Adminiatrasi Perkantoran yang berjumlah 26 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan metode simulasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode tes, metode dokumentasi dan metode observasi pada setiap siklus. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 72,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 73%. Rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 79,2 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88%. Adapun aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 63,2% termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus II sebesar 78,3% termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi pada kompetensi dasar menangani surat masuk dan surat keluar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Masehi PSAK Ambarawa tahun ajaran 2012/2013. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah adalah guru hendaknya memberikan motivasi pada siswa agar aktif dalam dalam proses pembelajaran baik aktif bertanya, berpendapat maupun memberikan saran dan guru guru perlu mengatur waktu pada setiap aktivitas dalam proses pembelajaran secara keseluruhan sehingga pada setiap aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran menggunakan metode simulasi dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes and Learning Simulation Method
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:59
Last Modified: 22 May 2014 16:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17499

Actions (login required)

View Item View Item