PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN 2012/2013


Sekar Mustikasari , 7101409120 (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 9 SEMARANG TAHUN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan angka nilai yang diberikan oleh guru. Akuntansi merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa SMK pada Kompetensi Keahlian Akuntansi. Terbukti masih banyaknya siswa dengan prestasi belajar rendah yaitu kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM). Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah adakah pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dan secara parsial terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang tahun 2012/2013 yang berjumlah 102 siswa. Variabel yang diteliti yaitu prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y) serta variabel bebas (X) yang diantaranya motivasi belajar (X1) dan perhatian orang tua (X2). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji coba instrument untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrument penelitian. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan program komputer IBM SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK Negeri Semarang tahun 2012/2013 secara simultan sebesar 59,1%, sedangkan secara parsial motivasi belajar berpengaruh 36,8% dan perhatian orang tua berpengaruh 10,5% terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang tahun 2012/2013 secara simultan dan parsial. Saran yang dapat diberikan ialah siswa perlu meningkatkan motivasi belajar dengan banyak mencari dan memecahkan soal-soal akuntansi dari berbagai sumber. Dan orang tua hendaknya ikut serta membimbing dan memotivasi siswa dalam belajar di rumah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Motivation, Attention Parents, Learning Achievement.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:00
Last Modified: 22 May 2014 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17497

Actions (login required)

View Item View Item