PENGARUH PENATAAN ARSIP DAN KOMPETENSI PETUGAS ARSIP TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA SUB BAGIAN TATA USAHA DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN DEMAK


Siti Mukaromah , 7101409117 (2013) PENGARUH PENATAAN ARSIP DAN KOMPETENSI PETUGAS ARSIP TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA SUB BAGIAN TATA USAHA DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENATAAN ARSIP DAN KOMPETENSI PETUGAS ARSIP TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA SUB BAGIAN TATA USAHA DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (PENGARUH PENATAAN ARSIP DAN KOMPETENSI PETUGAS ARSIP TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA SUB BAGIAN TATA USAHA DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN DEMAK)
Download (15MB) | Preview

Abstract

Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai kegiatan yang bersifat jasa. Suatu layanan dikatakan berhasil apabila petugas arsip tersebut dapat memberikan informasi yang ada pada arsip dan pemberian arsipnya secara cepat dan tepat. Berhasil tidaknya suatu layanan sangat tergantung pada unsur pelaksanaan atau petugas yang melaksanakan kegiatan layanan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penataan arsip dan kompetensi petugas arsip terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penataan arsip dan kompetensi petugas arsip terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak. Populasi penelitian ini adalah pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak selain pegawai yang berada pada sub bagian tata usaha. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan populasi sehingga sampel penelitian ini adalah populasi itu sendiri dengan jumlah responden 40 pegawai. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu Penataan arsip (X1), Kompetensi petugas arsip (X2), dan kualitas Pelayanan (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan menggunakan SPSS diperoleh Y = 19,067 + 0,099X1 + 0,789X2. Hasil uji parsial diperoleh thitung 0,706 dan thitung = 8,900 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka ini berarti ada pengaruh dari masing-masing variabel yaitu penataan arsip dan kompetensi petugas arsip terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 44,810 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka ini berarti ada pengaruh penataan arsip dan kompetensi petugas arsip secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak. Kesimpulan bahwa secara parsial maupun simultan penataan arsip dan kompetensi petugas arsip berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak. Saran bagi penelitian ini adalah bagi petugas arsip diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang kearsipan dalam mewujudkan kualitas pelayanan dan diharapkan dapat lebih memperhatikan penataan asrip sesuai sistem yang lebih efektif dan efisien. Pihak Kantor diharapkan memperhatikan tempat dan sarana kearsipan yang lebih baik supaya pengarsipan yang dibutuhkan instansi bisa tertata dengan rapi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penataan Arsip, Kompetensi Petugas Arsip, Kualitas Pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:00
Last Modified: 22 May 2014 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17496

Actions (login required)

View Item View Item