Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pagerbarang 03 Kabupaten Tegal.


Kemala Purnama Utami, 1401409032 (2013) Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pagerbarang 03 Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pagerbarang 03 Kabupaten Tegal.]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pagerbarang 03 Kabupaten Tegal.)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan dipahami oleh siswa SD Negeri Pagerbarang 03 Kabupaten Tegal. Pembelajaran matematika yang berpusat pada guru menjadikan siswa pasif karena guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran TGT dapat dijadikan sebagai alternatif dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh lebih optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Pagerbarang 03 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 51 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh 48 siswa sebagai sampel penelitian, yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 24 siswa. Desain eksperimen yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas menggunakan metode Liliefors, serta uji homogenitas dan kesamaan rata-rata menggunakan Independent Sample T-Test. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang dihitung dengan bantuan program SPSS versi 17. Hasil uji hipotesis aktivitas belajar siswa dengan dk = 46 dan α = 5%, menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,173 > 2,013 dan signifikansi kurang dari 0,05, yaitu 0,035 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sementara hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,147 > 2,013 dan signifikansi kurang dari 0,05, yaitu 0,037 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan perolehan nilai aktivitas dan hasil belajar siswa, serta hasil uji hipotesis, dapat ix diasumsikan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik daripada aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, Teams Games Tournament (TGT).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:00
Last Modified: 22 May 2014 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17495

Actions (login required)

View Item View Item