PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYANYIKAN LAGU DAERAH MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG


NOVI SUGIYANTI RAHAYU, 1401409202 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYANYIKAN LAGU DAERAH MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYANYIKAN LAGU DAERAH MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYANYIKAN LAGU DAERAH MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Seni Budaya Keterampilan (SBK) merupakan pembelajaran seni berbasis budaya, diajarkan di SD karena memiliki sifat unik dan bermanfaat bagi perkembangan siswa. Salah satu ruang lingkup SBK adalah seni musik dimana siswa dijarkan olah vokal (menyanyi), memainkan alat musik (instrumen) dan mengapresiasi karya. Tetapi kenyataan yang terjadi di sekolah-sekolah, pembelajaran seni musik terutama menyanyi kurang diperhatikan guru. Permasalahan dalam pembelajaran menyanyi juga terjadi di SDN Sampangan 01 Semarang. Berdasarkan hasil observasi pada semester I tahun 2012/2013, guru kurang variasi dalam memanfatkan media, pengelolaan kelas kurang baik, sebagian siswa tidak aktif dalam pembelajaran, keterampilan menyanyi siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 37,5%. Berdasarkan data tersebut, upaya untuk meningkatkan keterampilan menyanyi siswa kelas IV SDN Sampangan 01 Semarang adalah dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Direct Instruction berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan siswa menyanyikan lagu daerah, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran menyanyi di kelas IV SDN Sampangan 01 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menyanyi siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran menyanyi melalui model Direct Instruction berbantuan media audiovisual di kelas IV SDN Sampangan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Direct Instruction berbantuan media audiovisual dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sampangan 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketuntasan klasikal keterampilan menyanyi siswa siklus I sebesar 62,5%, siklus II meningkat menjadi 87,5%. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 16,5 dengan kategori aktif meningkat di siklus II dengan rata-rata skor 21,7 kategori sangat aktif. (3) Keterampilan guru siklus I memperoleh skor rata-rata 27 dengan kategori baik, meningkat menjadi 30,5 dengan kategori sangat baik di siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Direct Instruction berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan siswa menyanyikan lagu daerah, aktivitas siswa dan keterampilan guru. Berdasarkan simpulan penelitian, saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran inovatif dan media sesuai materi. Siswa hendaknya aktif dalam kegiatan pembelajaran dan sekolah hendaknya melengkapi sarana prasarana sekolah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyanyi, model Direct Instruction, media audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 17:06
Last Modified: 22 May 2014 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item