KEPATUHAN PENDERITA DIABETES MELLITUS DALAM MENJALANI TERAPI OLAHRAGA DAN DIET (Studi Kasus Pada Penderita DM Tipe 2 di RSUD Dr.Soeselo Slawi)


Dimas Saifunurmazah , 1550408022 (2013) KEPATUHAN PENDERITA DIABETES MELLITUS DALAM MENJALANI TERAPI OLAHRAGA DAN DIET (Studi Kasus Pada Penderita DM Tipe 2 di RSUD Dr.Soeselo Slawi). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEPATUHAN PENDERITA DIABETES MELLITUS DALAM MENJALANI TERAPI OLAHRAGA DAN DIET (Studi Kasus Pada Penderita DM Tipe 2 di RSUD Dr.Soeselo Slawi)]
Preview
PDF (KEPATUHAN PENDERITA DIABETES MELLITUS DALAM MENJALANI TERAPI OLAHRAGA DAN DIET (Studi Kasus Pada Penderita DM Tipe 2 di RSUD Dr.Soeselo Slawi))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Diabetes (DM) merupakan suatu penyakit yang disebabkan tubuh tidak mampu membuat atau menggunakan insulin dengan semestinya. Ketika terjadi disfungsi insulin, maka akan terjadi kelebihan insulin dalam darah dan hal ini akan dilepaskan atau dikeluarkan melalui urine yang dikenal dengan diabetes (DM). Terdapat 3 pengobatan DM antara lain terapi diet, olahraga dan farmakologis atau obat-obatan. Keberhasilan sebuah pengobatan ditentukan dari sikap patuh penderita DM terhadap pengobatan tersebut. Dengan adanya kepatuhan dari penderita DM maka pengobatan akan mencapai tingkat optimal, dan kualitas kesehatan bisa tetap dirasakan. Sedangkan bagi penderita DM yang mempunyai sikap tidak patuh hal ini bisa menimbulkan komplikasi dikemudian hari serta mengakibatkan penyakit DM yang diderita semakin parah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kepatuhan yang dilakukan penderita DM dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan penderita DM. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Unit analisisnya yaitu kepatuhan penderita DM dalam menjalani terapi diet dan olahraga, studi kasus pada penderita DM tipe 2 di RSUD Soeselo Slawi. Subjek penelitian berjumlah empat orang, dan penunjang subjek berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukan ketiga dari empat subjek yaitu subjek HS, R, SO memiliki sikap patuh. Mereka memiliki kesadaran yang baik untuk melakukan pengobatan, komunikasi dengan petugas kesehatan berjalan lancar, dukungan sosial dari keluarga juga ketiga subjek dapatkan. Sedangkan pada subjek AI kesadaran akan pentingnya melakukan pengobatan masih tergolong rendah. Komunikasi dengan petugas kesehatan tidak berjalan dengan baik karena AI sangat jarang melakukan kontrol dan chek up. Dukungan sosial juga tidak AI dapatkan, kebiasaan pola makan serta gaya hidup yang kurang sehat belum AI rubah. Terapi yang dilakukan oleh AI secara rutin yaitu berolahraga. Sedangkan untuk pengobatan-pengobatan lain seperti pengaturan makan dan obat-obatan belum AI lakukan secara teratur. Saran ditunjukan kepada berbagai pihak, kepada penderita DM diharapkan meningkatkan kepatuhan dalam melaksanakan pengobatan, dengan adanya kepatuhan melaksankan pengobatan hal-hal yang tidak diinginkan seperti komplikasi bisa diminimalisir. Kepada pusat pelayanan kesehatan diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, memberikan informasi pentingnya menjaga kesehatan. Peneliti selanjutnya disarankan dapat lebih mampu menggali serta mengembangkan penelitian tentang DM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepatuhan, penderita Diabetes Mellitus, terapi olahraga dan diet
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:06
Last Modified: 22 May 2014 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17487

Actions (login required)

View Item View Item