MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION ( Pada Pokok Bahasan Penyimpanan Arsip Sistem Nomor Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Magelang )


Siti Khotijah, 7101409104 (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION ( Pada Pokok Bahasan Penyimpanan Arsip Sistem Nomor Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Magelang ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION ( Pada Pokok Bahasan Penyimpanan Arsip Sistem Nomor Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Magelang )]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION ( Pada Pokok Bahasan Penyimpanan Arsip Sistem Nomor Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Magelang ))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Terampil adalah pola kegiatan yang bertujuan, yang memerlukan manipulasi dan koordinasi informasi yang dipelajari. Hasil belajar merupakan bagian penting dari proses belajar mengajar, hasil belajar yang baik diperoleh dari proses belajar yang baik. Salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran, yaitu suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk didalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pedoman adalah Model Explicit Instruction. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa mata diklat kearsipan kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Magelang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan kelas XI AP sebagai subyek penelitian yang berjumlah 30 siswa. Responden akan diberikan pembelajaran menggunakan model explicit instruction. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis datanya adalah deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan siswa saat menggunakan model explicit instruction lebih baik dari sebelum menggunakan model explicit instruction. Keterampilan siswa pratindakan siswa yaitu 63,3% siswa dalam kategori rendah, pada siklus I berkurang menjadi 26,7%, dan berkurang menjadi 6,7% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pratindakan yaitu 69,17, pada siklus I meningkat menjadi 78,5, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,3. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : (1) Terdapat peningkatan keterampilan siswa dengan model explicit instruction. (2)Pembelajaran dengan menggunakan model explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar. Saran penelitian ini adalah : (1) Bagi guru, strategi menyampikan materi perlu ditingkatkan dengan membangun kerjasama dengan siswa dalam pembelajaran dan pemberian motivasi belajar pada siswa, salah satunya yaitu dengan menerapkan model explicit instruction. (2) Bagi siswa, perlu adanya latihan secara rutin dan berulang untuk mengasah keterampilan siswa dan perlu lebih memperhatikan guru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Explicit Instruction Model, Skills, Learning Outcomes
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:05
Last Modified: 22 May 2014 17:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item