IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI DASAR MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI BAGI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG


Faristin Amala , 7101409091 (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI DASAR MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI BAGI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI DASAR MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI BAGI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI DASAR MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI BAGI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi khususnya pada Kompetensi Dasar Menerima dan Menyampaikan Informasi kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cut Nya’ Dien Semarang masih kurang maksimal dan lebih didominasi oleh guru. Peserta didik kurang mampu untuk memberikan contoh kasus di dalam masyarakat, siswa kurang mampu menganalisis terhadap isi yang terkandung dalam tugas. Kondisi ini mengakibatkan mereka kurang dapat menyerap pemahaman materi bidang yang dipelajari, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah dan belum mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada kompetensi dasar Menerima dan Menyampaikan Informasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cut Nya’ Dien Semarang yang berjumlah 45 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Peneliti menggunakan2 (dua) instrumen pada setiap siklus, yakni lembar diskusi siswa serta tes tertulis tiap individu pada setiap akhir siklus dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Cut Nya’ Dien Semarang pada Kompetensi Dasar Menerima dan Menyampaikan Informasi. Hasil pada siklus I menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 59,12% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 79,18%. Sedangkan sebelum diadakannya penelitian, rata – rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebesar 46,54%. Hasil belajar siswa pun meningkat, pada saat observasi awal adalah sebesar 64,71% dengan ketuntasan klasikal sebesar 31%. Selanjutnya hasil belajar pada siklus I meningkat menjadi 72,06% dengan ketuntasan klasikal sebesar 53% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,94% dengan ketuntasan klasikal seesar 93%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan bisa digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:06
Last Modified: 22 May 2014 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17484

Actions (login required)

View Item View Item