Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Berbantuan CD Interaktif pada Siswa Kelas IVB SDN Wates 01 Semarang

Nadya Laila Sari, 1401409199 (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Berbantuan CD Interaktif pada Siswa Kelas IVB SDN Wates 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Berbantuan CD Interaktif pada Siswa Kelas IVB SDN Wates 01 Semarang)
Download (3625Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di SDN Wates 01 ditemukan berbagai masalah dalam pembelajaran matematika di kelas IVB yaitu guru kurang melibatkan siswa untuk belajar dalam kelompok untuk melakukan penyelidikan tentang sebuah masalah, mencari pemecahan dari masalah yang diberikan serta menyajikan hasil penyelesaian masalah tersebut dalam bentuk hasil karya atau laporan. Hal tersebut berdampak buruk pada hasil belajar ranah kognitif dengan tingkat ketidaktuntasan 65% (26 orang siswa dari 40 siswa) dan yang tuntas hanya 35% (14 orang siswa dari 40 siswa), dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 60. Berdasarkan kenyataan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan Problem Baed Learning berbantuan CD Interaktif. Rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah apakah dengan melalui Problem Based Learning berbantuan CD Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IVB SDN Wates 01 Semarang? Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masingmasing pertemuan terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Wates 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar ranah kognitif siswa mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 38 kategori baik, siklus I pertemuan 2 adalah 42 (kategori sangat baik), siklus II pertemuan 1 adalah 47 (kategori sangat baik) dan siklus II pertemuan 2 memperoleh skor sebesar 50 (kategori sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata sebesar 12,4 (kategori cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 15,4 (kategori baik), siklus II pertemuan 1 adalah 16,3 (kategori baik), dan siklus II pertemuan 2 adalah 17,3 (kategori sangat baik). Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 52,5 % , pada siklus I pertemuan 2 adalah 70 %, pada siklus II pertemuan 1 adalah 82,5 %, dan pada sikus II pertemuan 2 adalah 92,5 %. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan Problem Based Learning berbantuan CD Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar. Disarankan Untuk peneliti selanjutnya yang tertarik tentang penelitian ini dapat melanjutkan penelitian ini dengan mengorientasikan teori Piaget dalam materinya karena peneliti belum sempat menelitinya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran; PBL; CD Interaktif
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 13:06
    Last Modified: 22 May 2014 13:06

    Actions (login required)

    View Item