PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKUNTANSI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BERGAS KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Ria Yunita, 7101409089 (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKUNTANSI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BERGAS KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKUNTANSI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BERGAS KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKUNTANSI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BERGAS KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui kompetensi profesional guru yang baik dan fasilitas belajar yang memadai. Hasil observasi awal di SMA N 1 Bergas diperoleh data bahwa hasil belajar akuntansi di kelas XI IPS masih tergolong rendah. Sebanyak 54,29% siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bergas hasil belajarnya masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan pihak sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru akuntansi dan fasilitas belajar baik secara simultan maupun parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bergas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bergas sebanyak 140 siswa, diambil sampel secara proportional random sampling sebanyak 110 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa (Y), persepsi siswa menegnai kompetensi profesional guru (X1) dan fasilitas belajar (X2). Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Secara simultan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru akuntansi dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 43,3%. Secara parsial pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru akuntansi terhadap hasil belajar siswa sebesar 25,9% dan pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 9,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa mengenai kompetensi profesional guru akuntansi dan fasilitas belajar berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar siswa. Guru diharapkan dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran agar lebih variatif sehingga mencegah kejenuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Pihak sekolah diharapkan lebih melengkapi peralatan belajar yang dibutuhkan guna menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:06
Last Modified: 22 May 2014 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17481

Actions (login required)

View Item View Item