PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VB SDN BENDAN NGISOR


WAHYU WIJAYANTI , 1402408260 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VB SDN BENDAN NGISOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VB SDN BENDAN NGISOR]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VB SDN BENDAN NGISOR)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Bendan Ngisor ditemukan masalah dalam pembelajaran matematika di kelas IVB. Proses pembelajaran berpusat pada guru, tidak menggunakan media pembelajaran dan permasalahan kurang disesuiakan pada kehidupan sehari-hari, aktivitas siswa kurang, siswa mengerjakan soal sendiri tanpa berdiskusi sehingga kesulitan menyelesaikan permasalahan dan hasil belajar siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian : apakah melalui pendekatan pemecahan masalah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VB SD Bendan Ngisor? Tujuan penelitian : meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada pembelajaran matematika pada siswa kelas VB SDN Bendan Ngisor. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas melalui pendekatan pemecahan masalah dengan cd interaktif yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Bendan Ngisor. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas guru siklus I memperoleh skor 33 kategori baik dan siklus II aktivitas guru meningkat skor 41 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 17,1 kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi skor rata-rata 24,3 kategori sangat baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pertemuan 1 siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 52,3 persentase 42,4% , pertemuan 2 siklus I meningkat nilai rata-rata 61,9 persentase 60,6%, meningkat pertemuan 1 siklus II nilai rata-rata 68,2 persentase 75,8% dan meningkat pertemuan 2 siklus II nilai rata-rata 76,2 presentase 90,9% siswa tuntas belajar. Ini menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pertemuan akhir yaitu pertemuan 2 siklus II > 85% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini melalui Pendekatan Pemecahan Masalah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Saran bagi guru adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan situasi yang sama dengan kondisi yang dialami peneliti, pendekatan Pemecahan Masalah dengan CD Interaktif dapat digunakan sebagai acuan alternatif solusi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, pendekatan Pemecahan Masalah, media CD Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:08
Last Modified: 22 May 2014 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17479

Actions (login required)

View Item View Item