PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Think Pair Share PADA SISWA KELAS VB SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG


DEWI ANITASARI , 1402408255 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Think Pair Share PADA SISWA KELAS VB SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Think Pair Share PADA SISWA KELAS VB SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Think Pair Share PADA SISWA KELAS VB SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di SDN Sampangan 02 Kota Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas VB. . Sebagian besar siswa tidak tertarik dengan materi pelajaran yang disampaikan guru. Siswa cepat merasa bosan dengan pembelajaran matematika Guru masih menekankan model yang mengaktifkan guru (Teacher Center). Guru belum menggunakan sistem kerja kelompok. Guru kurang memberi kesempatan siswa berpikir individu. Aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah, sehingga hasil belajar siswa rendah yang ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal hanya mencapai 41,7% dengan KKM 60. Penelitian tindakan kelas ini merumuskan masalah apakah melalui model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas VB SDN Sampangan 02 Kota Semarang. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VB SDN Sampangan 02 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Sampangan 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data mengunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 33 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 42 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 20,2 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor rata-rata 25 dengan kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 72,2%, siklus II persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas VB SDN Sampangan 02 Kota Semarang. Saran bagi guru adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan situasi yang sama dengan kondisi yang dialami peneliti, model Think Pair Share dapat digunakan sebagai acuan alternatif solusi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, model Think Pair Share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:40
Last Modified: 22 May 2014 17:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17476

Actions (login required)

View Item View Item