PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERMASALAHAN TENAGA KERJA INDONESIA DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 BATANG
Nur Khasanah, 7101409088 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERMASALAHAN TENAGA KERJA INDONESIA DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERMASALAHAN TENAGA KERJA INDONESIA DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 BATANG)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kualitas pembelajaran dan pembentukan kompetensi siswa dapat dilihat dari segi proses dan hasil. Untuk itu perlu digunakan metode yang inovatif. Akan tetapi, kenyataan dilapangan metode ceramah masih mendominasi kegiatan belajar mengajar. Maka secara langsung dalam kegiatan pendidikan di sekolah diperlukan model pembelajaran kooperatif. salah satu alternatif model kooperatif adalah tipe Numbered Head Together (NHT). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi permaalahan tenaga kerja Indonesia siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Batang? Tujuannya untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar permasalahan tenaga kerja Indonesia siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Batang. Penelitian ini menggunakan desain PTK. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Batang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dengan instrumen test berupa soal pilihan ganda, dan instrumen nontest berupa lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data penelitian dari prasiklus, siklus I dan II mengalami peningkatan aktivitas afektif 72,7% menjadi 85% pada siklus II, aktivitas Psikomotorik 70% menjadi 85% pada siklus II. Sedangkan peningkatan pada hasil belajar secara klasikal hasil belajar secara klasikal adalah 42,5%, 67,5%, dan 87,5%, jadi ada kenaikan 25% pada siklus I dan 20% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar permasalahan tenaga kerja Indonesia kelas VIII A SMP Negeri 5 Batang, dengan keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan memberikan salah satu model
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) . |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22782 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 17:10 |
Last Modified: | 22 May 2014 17:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17475 |
Actions (login required)
View Item |