PENINGKATANKUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN WONOSARI 01 BATANG
Nur Kholis Majid, 1401910001 (2013) PENINGKATANKUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN WONOSARI 01 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATANKUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN WONOSARI 01 BATANG)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan pembelajaran IPA di SDN Wonosari 01 Batang adalah guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode konvensional belum menggunakan model pembelajaraan yang inovatif berbasis kontruktivis belum menggunakan model kooperatif tipe jigsaw hanya berupa penguasaan konsepkonsep saja dan belum dikaitkan dengan lingkungan atau media nyata yang ada di sekitar siswa. Kemampuan berpikir siswa kurang dioptimalkan menjadi lebih kritis dan lebih aktif melalui kerjasama sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbasis lingkungan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa? Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbasis lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Wonosari 01 Batang dalam pembelajaran IPA melalui model cooperative learning tipe jigsaw berbasis lingkungan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model cooperative learning tipe jigsaw berbasis lingkungan menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obeservasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Wonosari 01 Batang, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 20 dengan kriteria baik, Siklus II dengan skor 24 dengan kriteria Baik, (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 21 dengan kriteria baik, Siklus II diperoleh Skor 24 dengan kriteria baik. (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 60% dan siklus I pertemuan II sebesar 67%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 83% dan siklus II pertemuan II sebesar 93% Simpulan penelitian ini adalah melalui model cooperative learning tipe jigsaw berbasis lingkungan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran IPA. Saran adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran Cooperative learning tipe jigsaw berbasis lingkungan untuk meningkatkan kualitas pemebelajaran pada mata pelajaran lain dan kelas lain
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran IPA, cooperative learning tipe jigsaw, pembelajaran berbasis lingkungan |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22783 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 17:09 |
Last Modified: | 22 May 2014 17:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17474 |
Actions (login required)
View Item |