KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SD NEGERI RANDUGUNTING 3 KOTA TEGAL


Rismadiani Kurnia, 1401409143 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SD NEGERI RANDUGUNTING 3 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SD NEGERI RANDUGUNTING 3 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SD NEGERI RANDUGUNTING 3 KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang objeknya abstrak, sehingga dalam pembelajarannya diperlukan suatu model pembelajaran yang membuat siswa paham akan konsep yang sedang diajarkan dan lebih berpartisipasi aktif di dalam proses pembelajarannya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas III SD pada materi Bangun Datar antara yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan yang menerapkan konvensional?”. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran Matematika. Populasi dalam penelitian sebanyak 75 siswa kelas III SD Negeri Randugunting 1 dan 3. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu propotionate stratified random sampling, dan diperoleh anggota sampel yang representatif sebanyak 63 siswa yang terdiri dari 33 SD Negeri Randugunting 3 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa SD Negeri Randugunting 1 sebagai kelas kontrol. Data awal penelitian menggunakan nilai UTS siswa kelas III semester 2 dan diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu sebesar 80,61, sedangkan kelas kontrol sebesar 82,36. Setelah kelompok eksperimen diberikan model kooperatif tipe make a match dan kelompok kontrol diberi model pembelajaran konvensional, kedua kelompok diberikan tes akhir pada materi Bangun Datar dan diperoleh rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,27, sedangkan kelas kontrol hanya 73,73. Data hasil penghitungan dengan menggunakan rumus independent samples t test melalui program SPSS versi 20, menunjukkan bahwa model kooperatif tipe make a match efektif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap peningkatan hasil belajar ditandai dengan nilai hasil thitung > ttabel (2,153 > 2,000) dan 0,035 < 0,05. Dari hasil penelitian, diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Bagi siswa, sebaiknya lebih menggali pengetahuan dan aktif berkomunikasi dengan temannya. Bagi sekolah, perlu mengambil kebijakan yang mendukung pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menyediakan fasilitas berupa buku-buku sebagai referensi dan berbagai media pembelajaran yang mendukung pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:10
Last Modified: 22 May 2014 17:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17473

Actions (login required)

View Item View Item