PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD N SEKARAN 01


Hermuning Puspita Sari, 1401409233 (2013) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD N SEKARAN 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD N SEKARAN 01]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD N SEKARAN 01)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini ditemukan permasalahan rendahnya kualitas pembelajaran PKn di kelas IV SD N Sekaran 01 berdasarkan refleksi melalui observasi. Guru kurang memberikan konteks keseharian siswa. Inovasi pembelajaran serta media belum dimanfaatkan dengan baik. Data pendukung adalah hasil belajar 69% siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan menerapkan pendekatan CTL berbasis metode permainan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD N Sekaran 01. Permasalahan tersebut dikaji melalui Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan 36 siswa kelas IV SD N Sekaran 01. Jenis data meliputi kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes yaitu observasi, wawancara, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif . Hasil penelitian yaitu keterampilan guru meningkat dengan data pada siklus I jumlah skor 24 dan kualifikasi cukup. Siklus II jumlah skor 32 dan kualifikasi baik. Pada siklus III jumlah skor 37 dan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I skor rata-rata 24,6 dan kualifikasi cukup. Pada siklus II skor rata-rata 31,3 dan kualifikasi baik. Puncaknya pada siklus III skor rata-rata 34,1, dan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar pada siklus I persentase ketuntasan 55,55% dengan nilai rata-rata 66,94. Siklus II meningkat menjadi 72,22%, dengan nilai rata-rata 70. Siklus III persentase ketuntasan 86,11% dengan nilai rata-rata 77,88. Simpulan penelitian adalah pendekatan CTL berbasis metode permainan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas IV SD N Sekaran 01 dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Dan saran untuk perbaikan pendidikan dan proses pembelajaran, sebaiknya guru menerapkan inovasi pembelajaran terutama pendekatan CTL berbasis metode permainan, serta memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran. Sebaiknya pendekatan CTL berbasis metode permainan diterapkan dalam mata pelajaran PKn sebagai wujud inovasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Pendekatan CTL berbasis Metode Permainan, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:10
Last Modified: 22 May 2014 17:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17471

Actions (login required)

View Item View Item