Kinerja Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) MA Negeri dan Swasta di Kabupaten Kendal


Hari Putri Sasanti Rahayu, 3301404190 (2009) Kinerja Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) MA Negeri dan Swasta di Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kinerja Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) MA Negeri dan Swasta di Kabupaten Kendal] PDF (Kinerja Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) MA Negeri dan Swasta di Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (16MB)

Abstract

Kinerja adalah kemampuan kerja berdasarkan pelaksanaan sesuatu pekerjaan yang diminta. Manajemen berbasis sekolah adalah otonomi luas di tingkat sekolah yang menuntut partisipasi aktif tenaga kependidikan dan masyarakat sekitar dalam rangka meningkatkan efisiensi, mutu, dan pemerataan pendidikan.Madrasah aliyah memiliki kelebihan berupa kurikulum pendidikan agama yang lebih banyak, diantaranya aqidah akhlak, fiqih, alqur’an hadits, dan sejarah kebudayaan islam. Selain itu, sebagian besar siswa madrasah aliyah tinggal di pondok pesantren. Berdasarkan pengelolanya madrasah aliyah dibagi menjadi 2 yaitu madrasah aliyah negeri dan madrasah aliyah swasta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja MBS MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal?Adakah perbedaan antara kinerja MBS MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja MBS MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal, dan mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kinerja MBS MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal. Populasi penelitian ini adalah seluruh madrasah aliyah negeri dan swasta se-Kabupaten Kendal meliputi 1 madrasah aliyah negeri dan 10 madrasah aliyah swasta. Pengambilan sampel sebanyak 1 MA negeri dan 5 MA swasta menggunakan teknik simple random sample, berdasarkan undian dengan quota 50% dari populasi. Variabel menggunakan variabel tunggal guna mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dan 7 (tujuh) komponen manajemen berbasis sekolah. Alat pengumpul data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, wawancara dan observasi. Instrumen yang disusun diuji validitas menggunakan rumus Product Moment, dan diuji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis mengunakan analisis interpretasi skor dan analisis inferensial dengan bantuan software SPSS 1.5. Berdasarkan hasil analisis deskripsi data interpretasi skor, kinerja Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) MA negeri dan swasta di Kabupaten Kendal sudah optimal. Berdasarkan hasil analisis inferensial pada MA negeri dan swasta berakreditasi “A” terdapat perbedaan kinerja antara MA negeri dengan swasta di Kabupaten Kendal. Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi semua warga sekolah, serta pihak-pihak yang terkait dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, semua pihak diharapkan dapat mewujudkan manajemen sekolah yang efektif dan efisien untuk kemajuan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, MBS, MA Negeri dan Swasta
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2011 00:00
Last Modified: 25 Apr 2015 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item