Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping Materi MengapresiasiKarya Seni Rupa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ranjingan Banyumas


Tegar Pambudhi, 1401409137 (2013) Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping Materi MengapresiasiKarya Seni Rupa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ranjingan Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping Materi Mengapresiasi Karya Seni Rupa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ranjingan Banyumas]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping Materi Mengapresiasi Karya Seni Rupa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ranjingan Banyumas)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran SBK guru harus menguasai dasar-dasar seni rupa dengan benar dan mampu menyajikan secara menarik kepada siswa. Guru hendaknya merancang pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkreasi dan berimajinasi serta menyusun pokok-pokok materi ke dalam peta pikiran. Salah satu cara pembelajaran yang membuat belajar menjadi menyenangkan dan siswa dapat terlibat secara langsung dengan mengekspresikan dan menyusun kerangka berpikirnya dengan baik adalah menggunakan model mind mapping. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model mind mapping hasil belajar Seni Rupa siswa kelas V, antara kelas yang mendapatkan perlakuan model mind mapping dengan kelas yang menggunakan metode ceramah pada materi pokok Mengapresiasi Karya Seni Rupa daerah setempat (Batik Banyumas). Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa kelas V SD Negeri Ranjingan kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2012/2013, yang terdiri dari 21 siswa siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan 31 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Sementara itu sampel penelitian yang diambil menggunakan sampling jenuh, yakni seluruh populasi dalam penelitian dijadikan sampel. Untuk pengujian hipotesis akhir data hasil belajar siswa menggunakan Uji Mann-Whitney melalui program SPSS versi 20. Kriteria yang digunakan untuk pengambilan keputusan adalah jika nilai signifikansi Asymp. Sig. > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan jika nilai signifikansi Asymp. Sig. < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi Asymp. Sig. data hasil belajar sebesar 0,006. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 (0,006 < 0,05). Maka dapat diperoleh hasil Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar seni rupa antara siswa kelas VA dan VB pada materi mengapresiasi hasil karya seni rupa daerah setempat yang menggunakan model mind mapping dan kelas yang menggunakan metode ceramah. Dari penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 71.90 dan kelas eksperimen sebesar 81,61. Jadi dapat disimpulkan penggunaan model mind mapping lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah dalam materi mengapresiasi karya seni rupa daerah setempat (Batik Banyumas). Dengan menggunakan model mind mapping, siswa akan lebih mengembangkan potensi otak yang dimilikinya. guru dapat melakukan variasi dalam pelaksanaan model mind mapping sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Apresiasi, Seni Rupa, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:40
Last Modified: 22 May 2014 17:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17467

Actions (login required)

View Item View Item