KEEFEKTIFAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF PADA KELAS IV SD NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL


Rian Ikhsanul Hakim, 1401409270 (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF PADA KELAS IV SD NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF PADA KELAS IV SD NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA INTENSIF PADA KELAS IV SD NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar membaca pada kelas IV SD Negeri Pesarean 01 Kabupaten Tegal. Kegiatan pembelajaran membaca pada siswa kelas IV SD Negeri Pesarean 01 selama ini siswa kurang aktif dalam memberikan pertanyaan kepada guru selain yang ada dalam buku teks. Pembelajaran lebih bersifat konvensional dan materi pembelajaran lebih pada penguasaan konsep-konsep bukan kompetensi. Dengan adanya permasalahan tersebut, bisa dipastikan tujuan membaca tidak akan tercapai secara maksimal. Strategi Giving Questiona and Getting Answer dapat dijadikan strategi alternatif untuk mendorong siswa aktif dan menempatkan siswa sebagai subyek dalam pembelajaran. Strategi ini dikembangkan untuk melatih siswa memiliki kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa efektif penerapan strategi giving question and getting answer terhadap hasil belajar siswa dari pada yang menerapkan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pesarean 01 Kabupaten Tegal tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 55 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IVA dan IVB. Sampel penelitian diambil dari kelas IVA sebagai sampel eksperimen dan kelas IVB sebagai sampel kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas, dan analisis akhir. Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent sample t test melalui program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,371 dan ttabel sebesar 2,013. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis hasil perbandingan 2,371>2,013 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca intensif dengan penerapan strategi Giving Question and Getting Answer lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Saran penulis yaitu sebelum melaksanakan pembelajaran guru hendaknya memilih strategi yang tepat sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Hal ini supaya tujuan dalam pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Strategi Giving Question and Getting Answer, dan hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:40
Last Modified: 22 May 2014 17:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item View Item