PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SUSUN ANAK TANGGA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MARGADANA 7 KOTA TEGAL

Asri Prasasti, 1401409136 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SUSUN ANAK TANGGA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MARGADANA 7 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SUSUN ANAK TANGGA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MARGADANA 7 KOTA TEGAL)
Download (2011Kb)

    Abstract

    Kualitas pembelajaran SBK khususnya materi mengapresiasi karya seni rupa di kelas IV SD Negeri Margadana 7 Kota Tegal masih rendah. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Perolehan nilai pada pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa pada siswa Kelas IV SD Negeri Margadana 7 Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan belum tercapainya keberhasilan pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran SBK khususnya materi mengapresiasi karya seni rupa yaitu dengan menggunakan media Kartu susun anak tangga (Karsunaga). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi mengapresiasi karya seni rupa melalui penggunaan media pembelajaran Kartu susun anak tangga (Karsunaga) di SD Negeri Margadana 7 Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek yang diteliti yaitu siswa Kelas IV SD Negeri Margadana 7 Kota Tegal tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil performansi guru pada siklus I sebesar 83.75 dan meningkat menjadi 93.09. Performansi guru mengalami peningkatan sebesar 9.34%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 76.63% dan meningkat menjadi 84% pada siklus II. Persentase aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 7.37%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 69.79 dan meningkat menjadi 80.83 pada siklus II. Jadi ratarata kelas mengalami peningkatan sebesar 11.04%. Sedangkan persentase tuntas belajar klasikal pada siklus I sebesar 81.96% dan meningkat menjadi 93.09% pada siklus II. Jadi persentase tuntas belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 11.13%%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu susun anak tangga dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa pada materi mengapresiasi karya seni rupa pada Kelas IV SD Negeri Margadana 7 Kota Tegal. Oleh karena itu, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran kartu susun anak tangga dalam pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Apresiasi, Karya Seni Rupa, Kartu Susun Anak Tangga
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: nurellla perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 13:41
    Last Modified: 22 May 2014 13:41

    Actions (login required)

    View Item