Keefektifan Penggunaan Media Kartu Domica terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Dan 03 Semingkir Pemalang


Lisa Erpiana, 1401409268 (2013) Keefektifan Penggunaan Media Kartu Domica terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Dan 03 Semingkir Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Media Kartu Domica terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Dan 03 Semingkir Pemalang]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Media Kartu Domica terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Dan 03 Semingkir Pemalang)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Dalam proses pembelajaran matematika, banyak guru kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kesulitan. Media kartu domica dapat dijadikan media alternatif yang mendorong siswa untuk aktif dan membantu menguasai materi pelajaran untuk mencapai pemahaman dan hasil belajar yang bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan media kartu domica terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa antara kelas yang mendapatkan perlakuan penggunaan media kartu domica dengan kelas yang tidak menggunakan media kartu domica pada materi pecahan di kelas IV. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design yang diadaptasi dari true eksperimental Design dengan bentuk paradigma Posttest-Only control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 dan 03 Semingkir, Pemalang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 68 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas IV SD Negeri 02 Semingkir, IVA dan IVB SD Negeri 03 Semingkir. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling yang menghasilkan kelas IV SD Negeri 02 Semingkir sebagai kelas ujicoba, IVA SD Negeri 03 Semingkir sebagai kelas kontrol dan IVB SD Negeri 03 Semingkir sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Hasil penghitungan uji hipotesis motivasi belajar siswa dengan menggunakan rumus independent sample t test menunjukkan bahwa, thitung = 2,135 dan ttabel = 1,682 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dengan menggunakan media kartu domica pada materi pecahan lebih baik daripada motivasi belajar siswa yang tidak menggunakan media kartu domica. Sementara hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa, thitung = 2,060 dan ttabel = 1,682 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media kartu domica pada materi pecahan lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan media kartu domica. Penggunaan media kartu domica terbukti efektif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu mempertimbangkan penggunaan media kartu domica pada pembelajaran matematika di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Kartu Domica, Motivasi, Pecahan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:44
Last Modified: 22 May 2014 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item View Item