PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KARAKTERISTIK SISWA PADA SAAT PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI I PATI


Charina Oktaviani, 7101409060 (2013) PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KARAKTERISTIK SISWA PADA SAAT PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI I PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KARAKTERISTIK SISWA PADA SAAT PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMA NEGERI I PATI]
Preview
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KARAKTERISTIK SISWA PADA SAAT PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMA NEGERI I PATI)
Download (984kB) | Preview

Abstract

Karakteristik siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi karkteristik siswa adalah pendidikan keluarga dan lingkungan pergaulan. Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa karakteristik siswa pada saat pelajaran akuntansi bermacam-macam. Ada sebagian siswa yang mempunyai karakteristik yang kurang baik. Permasalahan yang diteliti adakah pengaruh pendidikan keluarga dan lingkungan pergaulan terhadap karakteristik siswa pada saat pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pati Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan keluarga dan lingkungan pergaulan terhadap karakteristik siswa pada saat pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pati. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pati. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian sensus yaitu meneliti keseluruhan populasi. Metode pengumpulan data yaitu angket. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Secara deskriptif rata-rata karakteristik siswa dan lingkungan pergaulan dalam kategori baik, pendidikan keluarga berada dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan keluarga dan lingkungan pergaulan berpengaruh terhadap karakteristik siswa secara simultan dan parsial Pendidikan keluarga dan lingkungan pergaulan berpengaruh terhadap karakteristik siswa pada saat pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pati. Disarankan Siswa bisa berinteraksi secara baik dengan temannya melaui belajar kelompok secara rutin; Orang tua bisa memberi teladan yang baik, saling toleransi antar anggota keluarga, dan beribadah sesuai agama tepat waktu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Family Education, Social Environment, and Students Characteristics.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:44
Last Modified: 22 May 2014 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17459

Actions (login required)

View Item View Item