Peningkatan Pembelajaran Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui Model Tari Bambu pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 5 Kota Tegal


Saptanti Irma Suryani, 1401409267 (2013) Peningkatan Pembelajaran Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui Model Tari Bambu pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 5 Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Pembelajaran Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui Model Tari Bambu pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 5 Kota Tegal]
Preview
PDF (Peningkatan Pembelajaran Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui Model Tari Bambu pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 5 Kota Tegal)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SD Negeri Randugunting 5 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal cenderung berpusat pada guru, menggunakan model yang konvensional, siswa kurang terlibat secara aktif, sehingga hasil belajar siswa rendah. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model Tari Bambu dalam pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Randugunting 5 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada tanggal 2 Mei 2013 sampai 23 Mei 2013. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes awal dan tes formatif di setiap akhir pembelajaran pada siklus I dan II, sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil pengamatan aktivitas siswa, performansi guru, dan pelaksanaan model. Rata-rata nilai yang diperoleh dari hasil tes awal yaitu 60,38. Selanjutnya, rata-rata nilai pada hasil tes formatif siklus I mencapai 73,56 meningkat pada siklus II menjadi 82,05 dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal dari 78,20% menjadi 88,46%. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 78,33% meningkat pada siklus II menjadi 79,48% dan mencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Perolehan nilai performansi guru melalui APKG I dan II pada siklus I mencapai 81,15 dengan kriteria AB, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,34 dengan kriteria A. Selain itu, nilai pengamatan model meningkat dari 82,5 (AB) pada siklus I menjadi 92,5 (A) pada siklus II. Disimpulkan penerapan model Tari Bambu dapat meningkatkan pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 5 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Disarankan guru kelas V sekolah dasar dapat menerapkan model Tari Bambu dalam kegiatan pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Tari Bambu, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:44
Last Modified: 22 May 2014 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item