KEEFEKTIFAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PETARUKAN PEMALANG


Ning Tias Prima Wilinda, 1401409265 (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PETARUKAN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PETARUKAN PEMALANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PETARUKAN PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam yang dapat diamati serta ilmu yang menanamkan sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka dan jujur. Kenyataan di lapangan menunjukkan masih banyak kegiatan pembelajaran IPA yang berpusat pada guru sehingga siswa tidak dapat memaksimalkan potensinya dan memenuhi rasa keingin tahuannya. Oleh karena itu guru perlu melakukan suatu perubahan agar kegiatan pembelajaran dapat berpusat pada siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah. Strategi giving question and getting answer dapat menjadi alternatif strategi yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA. Strategi giving question and getting answer memungkinkan siswa untuk mengemukakan pikirannya, merangsang siswa agar terlibat dalam interaksi, dan memotivasi siswa supaya lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi giving question and getting answer dengan yang pembelajarannya berpusat pada guru. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 06 Petarukan tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 52 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan tabel Krecjie dengan α = 5% dari jumlah populasi 52 siswa, diperoleh anggota sampel sebanyak 48 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, dan uji Mann Whitney U Test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa kelas IV yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan strategi giving question and getting answer dengan pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan uji Mann Whitney, diperoleh nilai signifikansi 0,048 dengan tingkat kesalahan (α) sebesar 5% atau 0,05, sehingga dapat diketahui nilai signifikansi lebih kecil dari α 0,05 atau 0,048<0,05. Dilihat dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi giving question and getting answer dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA kelas IV materi Sumber Daya Alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keefektifan, dan strategi giving question and getting answer.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:44
Last Modified: 22 May 2014 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17452

Actions (login required)

View Item View Item