EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI AKUNTANSI SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN JURNAL UMUM SMA NEGERI 1 BANJARHARJO


Rifda Nuraida, 7101409008 (2013) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI AKUNTANSI SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN JURNAL UMUM SMA NEGERI 1 BANJARHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI AKUNTANSI SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN JURNAL UMUM SMA NEGERI 1 BANJARHARJO]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI AKUNTANSI SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN JURNAL UMUM SMA NEGERI 1 BANJARHARJO)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan kegiatan belajar mengajar disekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Tingkat kecepatan belajar siswa yang berbeda-beda menuntut kreatifitas guru dalam mengunakan metode mengajar yang sesuai dengan keadaan tersebut. Metode problem posing merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk bisa membantu guru dalam menyampaikan materi ajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan metode problem posing lebih efektif meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tentang peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode dengan pendekatan Problem Posing di SMA Negeri 1 Banjarharjo. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan motivasi (Y) dan Metode dengan pendekatan Problem Posing (X). Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Pengujian hipotesis pertama dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample test dan hipotesis kedua dan ketiga menggunakan uji independent sample test. Berdasarkan uji tahap akhir, dari uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen atau sama. Pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara sebelum dan sesudah treatment di kelas eksperimen. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan ada perbedaan hasil belajar dan motivasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar dan motivasi pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode problem posing mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pokok bahasan jurnal umum. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode problem posing hasil belajar dan motivasi lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, guru disarankan untuk lebih kreatif dalam pengembangan metode belajar berupa penggunaan metode problem posing dalam pembelajaran, serta menerapkan metode ini pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing, Jurnal Umum Perusahaan Jasa.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 17:40
Last Modified: 22 May 2014 17:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17448

Actions (login required)

View Item View Item