ANALISIS MATERI, PENYAJIAN, DAN BAHASA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Halida Eka Nurmutia , 4101409041 (2013) ANALISIS MATERI, PENYAJIAN, DAN BAHASA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Unnes.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS MATERI, PENYAJIAN, DAN BAHASA BUKU TEKS MATEMATIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3079Kb)

    Abstract

    Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang mempunyai peran dominan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah keberadaan buku teks matematika terbitan swasta yang banyak digunakan SMA kelas X di Kabupaten Rembang belum mendapatkan pengesahan atau belum diketahui kualitasnya untuk digunakan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku teks matematika SMA kelas X yang digunakan di Kabupaten Rembang sudah memenuhi standar aspek materi, penyajian, dan bahasa buku teks matematika menurut BSNP dan apakah buku teks matematika SMA kelas X yang digunakan di Kabupaten Rembang memuat materi pokok yang memenuhi ketiga standar aspek tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah buku Matematika Jilid 1 untuk SMA Kelas X karangan Sartono Wirodikromo yang diterbitkan Erlangga tahun 2006. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk mengetahui buku matematika yang digunakan kelas X dan dokumentasi menggunakan lembar penilaian buku teks matematika dari Pusat Perbukuan Depdiknas. Penilaian dilakukan oleh tiga orang penilai, yaitu peneliti, guru matematika, dan teman sejawat. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diinterpretasikan dengan cara reduksi data, display data, dan diambil kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dianalisis termasuk dalam kriteria baik dengan perolehan persentase skor rata-rata 85,66% pada aspek materi, 66,80% pada aspek penyajian, dan 82,54% pada aspek bahasa. Berdasarkan materi pokok, persentase skor rata-rata buku, yaitu 76,48%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa buku Matematika Jilid 1 untuk SMA Kelas X yang digunakan di Kabupaten Rembang sudah memenuhi standar aspek materi, penyajian, dan bahasa menurut BSNP dan memuat materi pokok yang memenuhi ketiga standar aspek tersebut. Materi pokok trigonometri memperoleh skor rata-rata tertinggi, sedangkan rata-rata skor paling rendah diperoleh buku pada materi pokok geometri. Buku Matematika Jilid 1 untuk SMA Kelas X dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika di SMA kelas X. Selain itu, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menganalisis buku teks matematika lain yang digunakan di Kabupaten Rembang. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui kualitas buku teks matematika yang digunakan di sekolah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis, Bahasa, Buku Teks Matematika, Materi, Penyajian
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 10 Oct 2013 06:15
    Last Modified: 10 Oct 2013 06:15

    Actions (login required)

    View Item