KEEFEKTIFAN MODELRESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN


Ula Himatul Aliyah , 4101409033 (2013) KEEFEKTIFAN MODELRESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODELRESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODELRESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah bagi peserta didik merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika karena pemecahan masalah adalah sumbu dari proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah model Resource Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Resource Based Learningdan model Problem Based Learningefektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI pada materi lingkaran sub pokok bahasan persamaan garis singgung lingkarandanuntuk mengetahui apakah penerapan modelResource Based Learning pada materi lingkaran sub pokok bahasan persamaan garis singgung lingkaranlebih baik dari model Problem Based Learningpada peserta didik kelas XI. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposiverandom sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelas XI Olimpiade dipilihsebagai kelas eksperimen dan kelasXI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang dianalisis dengan menggunakan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimenyang diberi perlakuan model Resource Based Learningdan kelas kontrolyang diberi perlakuan model Problem Based Learningtelah mencapai ketuntasan klasikal. Keaktifan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pelaksanaan pembelajaran mencapai kriteria sangat aktif. Kinerja guru selama proses pembelajaran mencapai kriteria sangat baik. Kelas eksperimen memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dari kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Semarang pada materi lingkaran sub pokok bahasan persamaan garis singgung lingkaran adalah penerapan model Resource Based Learning dan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi lingkaran sub pokok bahasan persamaan garis singgung lingkarandanpenerapan modelResource Based Learninglebih baik dari penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi lingkaran sub pokok bahasan persamaan garis singgung lingkaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, kemampuan pemecahan masalah, model Resource Based Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2013 10:10
Last Modified: 10 Oct 2013 10:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17446

Actions (login required)

View Item View Item