EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “3 IN 1” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX DI SMP NEGERI 13 SEMARANG

Abid Khoirul Ismail , 4101408207 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “3 IN 1” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX DI SMP NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “3 IN 1” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX DI SMP NEGERI 13 SEMARANG)
Download (8Mb)

    Abstract

    Sebagian besar peserta didik SMP kesulitan dalam memahami konsep yang bersifat abstrak. Hasil belajar materi kesebangunan peserta didik kelas IX SMP N 13 Semarang Tahun 2010/2011 masih banyak yang belum mencapai KKM. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan menggunakan media ”3 In 1” merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dan membantu peserta didik dalam berpikir secara abstrak sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi kesebangunan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar peserta didik yang diterapkan model pembelajaran ekspositori dengan menggunakan media “3 In 1” lebih baik dari model pembelajaran ekspositori dan (2) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media “3 In 1” lebih baik dibandingkan model pembelajaran ekspositori dengan menggunakan media “3 In 1” dan model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 13 Semarang. Dengan teknik random sampling terpilih tiga kelas sampel yaitu kelas IX F sebagai kelas eksperimen 1, IX E sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas kelas IX G sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan rata-rata satu pihak (pihak kanan), analisis varians satu arah (anava), dan uji lanjut Tukey-Kramer. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 adalah 80,93, kelas eksperimen 2 adalah 70,49, dan kelas kontrol 60,04. Berdasarkan hasil analisis uji kesamaan rata-rata satu pihak (pihak kanan) menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 2 lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis anava dan diuji lanjut dengan Tukey-Kramer menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT dengan menggunakan media “3 In 1” efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 13 Semarang pada materi kesebangunan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Media “3 In 1”, Hasil Belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 10 Oct 2013 06:00
    Last Modified: 10 Oct 2013 06:00

    Actions (login required)

    View Item