KEEFEKTIFAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PEMANFAATAN CD PEMBELAJARAN DAN ALAT PERAGA TERHADAP SIKAP KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MIFTAKHUL KHOIROT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA MATERI POKOK PERSEGI DAN BELAH KETUPAT


Atik Suryani , 4101408080 (2012) KEEFEKTIFAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PEMANFAATAN CD PEMBELAJARAN DAN ALAT PERAGA TERHADAP SIKAP KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MIFTAKHUL KHOIROT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA MATERI POKOK PERSEGI DAN BELAH KETUPAT. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PEMANFAATAN CD PEMBELAJARAN DAN ALAT PERAGA TERHADAP SIKAP KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MIFTAKHUL KHOIROT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA MATERI POKOK PERSEGI DAN BELAH KETUPAT]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PEMANFAATAN CD PEMBELAJARAN DAN ALAT PERAGA TERHADAP SIKAP KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MIFTAKHUL KHOIROT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA MATERI POKOK PERSEGI DAN BELAH KETUPAT)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di MTs. Miftakhul Khoirot Semarang selama ini masih kurang optimal. Hal ini dikarenakan kurangnya pemanfaatan media dan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Permasalahan yang muncul dalam penelitian adalah apakah hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pemanfaatan CD pembelajaran dan alat peraga pada materi pokok pada materi pokok persegi dan belah ketupat dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik dari pembelajaran ekspositori. Selain itu, apakah rata-rata sikap kreatif peserta didik pada pembelajaran tersebut lebih baik dari rata-rata sikap kreatif peserta didik pada pembelajaran ekspositori pada materi pokok persegi dan belah ketupat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tersebut pada materi pokok persegi dan belah ketupat, untuk mengetahui bahwa model tersebut lebih baik dari pembelajaran ekspositori dan untuk mengetahui bahwa sikap kreatif peserta didik pada pembelajaran tersebut lebih baik dari pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs. Mifatkhul Khoirot Branjang tahun pelajaran 2011/2012. Sampelnya yaitu peserta didik kelas kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pemanfaatan CD pembelajaran dan alat peraga, sedangkan kelas kontrol dikenai pembelajaran ekspositori. Hasil analisis data akhir menunjukkan proporsi peserta didik kelas eksperimen yang mencapai KKM individual lebih dari 74,5% sedangkan proporsi ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji kesamaan dua rata-rata skor sikap kreatif peserta didik, diperoleh skor sikap kreatif peserta didik dengan model pembelajaran CPS dengan pemanfaatan CD pembelajaran dan alat peraga lebih baik dari rata-rata skor sikap kreatif peserta didik dengan pembelajaran ekspositori. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pemanfaatan CD pembelajaran dan alat peraga pada materi pokok persegi dan belah ketupat dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik dari hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ekspositori. Selain itu rata-rata sikap kreatif peserta didik pada pembelajaran tersebut lebih baik dari rata-rata sikap kreatif peserta didik pada pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Creative Problem Solving (CPS), CD Pembelajaran, Alat Peraga, Sikap Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2013 09:55
Last Modified: 10 Oct 2013 09:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17440

Actions (login required)

View Item View Item