PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRATON 3 KOTA TEGAL


Dewi Puspitasari, 1401409256 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRATON 3 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRATON 3 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRATON 3 KOTA TEGAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Kraton 3 cenderung memaksimalkan peran guru dan meminimalkan peran serta keterlibatan siswa. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Koperatif tipe Team Game Tournament untuk membelajarkan materi daur air dan peristiwa alam siswa kelas V SD Negeri Kraton 3. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 2 pertemuan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes formatif pada akhir tiap siklusnya. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil pengamatan aktivitas siswa dan pengamatan performansi guru. Perolehan nilai performansi guru melalui APKG 1 dan 2 mencapai 80,88 meningkat pada siklus II menjadi 85,93. Nilai rata-rata kelas pada hasil tes formatif siklus I sebesar 74,26 meningkat pada siklus II menjadi 81,73 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 66,67% menjadi 88,46%. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 66,74% meningkat pada siklus II menjadi 77,09% dan memperoleh kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Disimpulkan penerapan pembelajaran TGT dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam pada siswa kelas V SD Negeri Kraton 3. Disarankan guru kelas V sekolah dasar dapat menerapkan pembelajaran TGT dalam kegiatan pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa pelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif tipe Team Game Tournament, hasil belajar daur air dan peristiwa alam
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2013 09:45
Last Modified: 10 Oct 2013 09:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17438

Actions (login required)

View Item View Item