KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK ALJABAR


Diah Laila Khasanah , 4101408006 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK ALJABAR. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK ALJABAR]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK ALJABAR)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMP Negeri 1 Kranggan, dalam pembelajaran matematika siswa masih bergantung pada penjelasan guru yang mengakibatkan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam memahami konsep matematika sehingga banyak terjadi kesalahan dalam pengerjaan soal-soal yang terkait konsep tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan pembelajaran kooperatif talking stick berbantuan LKS.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan lembar kegiatan siswa pada materi pokok bentuk aljabar melebihi 71, (2) rata-rata hasil belajar siswa kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan lembar kegiatan siswa lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa dengan model konvensional pada materi pokok bentuk aljabar, (3) untuk mengetahui apakah persentase siswa yang hasil belajarnya ≥ 71 pada kelas yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS pada materi pokok bentuk aljabar melebihi 80%, dan (4) untuk mengetahui apakah persentase siswa yang hasil belajarnya ≥ 71 pada kelas yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS lebih besar dari persentase siswa yang hasil belajarnya ≥ 71 pada kelas yang dikenai model pembelajaran konvensional pada materi pokok bentuk aljabar. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kranggan Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri atas enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan clustor random sampling, terpilih siswa kelas VIII E sebagai siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS, siswa kelas VIII F sebagai siswa kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dengan metode ekspositori, dan siswa kelas VIII C sebagai siswa kelas uji coba. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79,79 dan siswa kelas kontrol sebesar 74,22. Dari hasil uji hipotesis pertama dengan alpha 5% diperoleh rata-rata hasil belajar kedua kelompok sampel lebih dari 71. Berdasarkan hasil uji hipotesis kedua dengan alpha 5% diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis ketiga dengan alpha 5% diperoleh persentase siswa yang hasil belajarnya ≥ 71 pada kelas eksperimen lebih dari 80%. Dari hasil uji hipotesis keempat dengan alpha 5% diperoleh persentase siswa yang hasil belajarnya ≥ 71 pada kelas eksperimen lebih besar dari persentase siswa yang hasil belajarnya ≥ 71 pada kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kranggan dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS lebih dari 71 pada materi pokok bentuk aljabar, (2) rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII dengan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Kranggan pada materi pokok bentuk aljabar, (3) persentase jumlah siswa yang hasil belajarnya ≥ 71 dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS lebih dari 80% pada materi pokok bentuk aljabar kelas VIII di SMP Negeri 1 Kranggan, dan (4) persentase siswa yang hasil belajarnya ≥ 71 pada dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan LKS lebih besar daripada persentase siswa yang hasil belajarnya ≥ 71 pada dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok bentuk aljabar kelas VIII di SMP Negeri 1 Kranggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lembar kegiatan siswa, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif talking stick.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2013 09:42
Last Modified: 10 Oct 2013 09:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17436

Actions (login required)

View Item View Item