KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING MATERI SUMBER DAYA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 MAJALANGU WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG
Rizkia Hilmi Utami, 1401409253 (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING MATERI SUMBER DAYA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 MAJALANGU WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING MATERI SUMBER DAYA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 MAJALANGU WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA selama ini masih menggunakan model konvensional yang cenderung berpusat pada guru, sehingga suasana pembelajaran menjadi membosankan dan kurang bermakna. Akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam penggunaan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif agar bermakna dan mencapai hasil yang optimal. Model pembelajaran mind mapping dapat dijadikan alternatif yang dapat mendorong siswa aktif mengembangkan potensi yang dimiliki. Model pembelajaran mind mapping mempersyaratkan siswa untuk aktif mencari pengetahuannya sendiri melalui mind map, hal ini berarti siswa menciptakan media belajar sendiri, sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk menguji keefektifan model mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Majalangu Kabupaten Pemalang. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 01 dan 03 Majalangu tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 54 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi itu. Data awal penelitian berupa nilai pretes kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai hasil pretes di kelas eksperimen dan kontrol masing-masing yaitu 49,40 dan 50,17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam dua kali pertemuan yaitu kelas eksperimen sebesar 78,04 termasuk kriteria sangat tinggi dan kelas kontrol sebesar 71,81 termasuk kriteria tinggi. Sementara ratarata nilai hasil postes di kelas eksperimen sebesar 77,75, sedangkan kelas kontrol 70,42. Uji normalitas terhadap nilai postes dilakukan menggunakan uji liliefors pada program SPSS 13. Berdasarkan uji normalitas, diperoleh data kelas eksperimen berdistribusi normal dan kelas kontrol berdistribusi tidak normal. Karena tidak semua data postes berdistribusi normal, maka uji homogenitas tidak perlu dilakukan. Uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U-Test (Uji U). Dari hasil uji U diperoleh nilai Asymp. Sig/Asymptotic significance sebesar 0,045 atau <0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, model pembelajaran mind mapping efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Majalangu Kabupaten Pemalang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Mind Mapping dan hasil belajar sumber daya alam |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 10 Oct 2013 09:44 |
Last Modified: | 10 Oct 2013 09:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17433 |
Actions (login required)
View Item |