PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING DENGAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG


SRI MULYANI, 1401409190 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING DENGAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING DENGAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG SKRIPSI]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING DENGAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS V SDN KANDRI 01 KOTA SEMARANG SKRIPSI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan pelajaran yang diberikan dari jenjang Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah. Hasil dari observasi dan pengamatan di SDN Kandri 01 Kota Semarang yaitu guru kurang variatif menggunakan model dan media, siswa belum percaya diri dan kurang aktif sehingga hasil belajar rendah yaitu hanya sebesar 21,8% siswa mengalami ketuntasan klasikal belajar. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Kandri 01 yaitu melalui model Role Playing dengan media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Role Playing dengan media video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Kandri 01 Kota Semarang?. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Role Playing dengan media video siswa kelas V SDN Kandri 01 Kota Semarang. Penelitian Tindakan Kelas melalui model Role Playing dengan media video dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian guru dan siswa kelas V SDN Kandri 01 Kota Semarang berjumlah 31 terdiri 14 siswa laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data tehnik tes dan nontes. Analisis data melalui teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterampilan guru siklus I pertemuan pertama sebesar 22 kategori cukup, pertemuan kedua 25 termasuk kategori baik. Siklus II pertemuan pertama memperoleh skor 3 kategori sangat baik dan pertemuan kedua mencapai 32 kategori sangat baik. Aktivitas siswa ratarata siklus I pertemuan pertama 23,8 kategori cukup, pertemuan kedua 25,5 kategori baik. Siklus II pertemuan pertama 29 kategori baik meningkat pertemuan kedua sebasar 34 dengan kategori sangat baik. Begitu juga prosentase hasil belajar siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 58%, pertemuan kedua 70%. Pada siklus II pertemuan pertama 77% meningkat pertemuan kedua menjadi 87%. Simpulan penelitian adalah melalui model Role Playing dengan media video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dari hasil penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model Role Playing dengan media video dalam pembelajaran IPS agar dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan membantu lebih aktif dalam pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Model Role Playing, video pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 10 Oct 2013 09:46
Last Modified: 10 Oct 2013 09:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17430

Actions (login required)

View Item View Item